Minggu, 06 November 2016

Tips Aman Menggunakan E-mail

Di dunia internet memang sarat dengan berbagai informasi dari seluruh dunia. Kita bisa bertukar informasi,sharing, dan mencari berbagai hal yang ingin kita ketahui. Salah satu sarananya yaitu lewat E-mail. Selain itu kita juga harus berhati-hati dalam menggunakannya,tapi bagaimana Tips Aman Menggunakan E-mail itu? Sebenarnya Tips Aman Menggunakan E-mail itu ngga sulit, tapi tergantung cara si pemakai menggunakan E-mail. Berikut  Tips Aman Menggunakan E-mail :

  1. Link asing pada body E-mail, jangan asal klik link yang kita anggap asing yang terpampang di body e-mail, karena pada penjahat dunia maya sering menggunakannya sebagai bagian dari penipuan phising dan pyware. Bahkan mereka bisa menularkan virus mereka lewat link asing tersebut.
  2. Ubah password jaga dan jangan pernah share password E-mail kalian, kalau perlu rubah pasword secara berkala. Sekedar tambahan, kombinasi angka dan huruf akan menjadikan password kita lebih sulit untuk dilacak orang lain.
  3. Hati-hati dengan lampiran, lampiran pada E-mail merupakan sumber utama penyebaran virus dalam berkirim surat elektrik ini. Bisa saja lampiran ini mengandung letterbombs yang bisa merusak PC kita. Jadi kalau kita terpaksa membukanya, sebaiknya scan dulu file tersebut dengan program anti virus yang telah di update.
  4. Rahasiakan informasi pribadi tetap jaga informasi pribadi kalian dengan hati-hati. Kalau ada E-mail yang meminta informasi  bank, pastikan verifikasi dulu bahwa situs yang meminta informasi tersebut aman.
  5. E-mail verifikasi kalau ada E-mail yang meminta konfirmasi ulang dengan meng-klik URL yang kalian ingat karena bisa jadi link tersebut palsu.
  6. Log Out E-mail jang lupa untuk selalu sign out akun E-mail setelah selesai menggunakannya. Hal ini untuk menghindari penyusut yang tidak diinginkan. 
Mungkin  Tips Aman Menggunakan E-mail bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar