Minggu, 13 November 2016

Kesalahan Mencuci Wajah

Apa saja kesalahan mencuci wajah itu? Mengapa kesalahan mencuci wajah itu sering terjadi? Bagaimana mengatasi kesalahan mencuci wajah itu? Sebelum kesalahan mencuci wajah kita bahas, Sudahkah kamu mencuci wajah hari ini? Saat kamu mencuci wajahmu, jangan sampai ada kesalahan dalam mencuci wajahmu, karena beberapa kesalahan mencuci wajah, baik sebelum hingga sesudah merupakan hal yang sia-sia. Sabun cuci muka tak akan bisa maksimal menghapus kotoran dari pori-pori dan kulit wajahmu. Akibatnya, kulit wajahmu malah jadi banyak masalah seperti berjerawat, berminyak dan berkomedo. Mencuci wajah memang hal yang mudah dan tidak merepotkan, namun hal itu justru membuat kamu sering lalai dalam melakukannya. kamu mungkin sudah cukup yakin dengan caramu mencuci wajah.
Apanya yang susah dalam mencuci wajah? Cuma sekadar membasuh wajah, cuci memakai sabun muka, lalu bersihkan — selesai! Pada praktiknya, mencuci wajah memang mudah. Namun kesalahan mencuci wajahpun mudah terjadi. Lalu apa saja kesalahan mencuci wajah. Berikut kesalahan mencuci wajah :

1. Mencuci wajah tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu, sama saja memindahkan kotoran dari tangan ke wajahmu!

Cuci tangan sebelum cuci muka

Kesalahan ini paling sering terjadi saat melakukan ritual cuci wajah. Tanpa membersihkan telapak tangan, kita langsung meletakkan sabun pencuci muka di telapak tangan dan menggosoknya hingga berbusa, lalu diusapkan ke seluruh wajah.
Telapak tangan adalah bagian kulit yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda sepanjang hari. Bermacam-macam kotoran dan bakteri berkumpul menjadi satu di telapak tanganmu.
Membersihkan wajah tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu hanya menambah masalah baru, karena kotoran dan bakteri tersebut akan berpindah dari tangan ke wajah. Sekarang wajahmulah yang jadi sarang kotoran dan kuman. Bersihkan dulu telapak tanganmu sebelum mencuci wajah ya!

2. Mencuci wajah terlalu sering atau malah hanya sekali sehari, membuat wajahmu menjadi kering dan memicu menumpuknya sel kulit mati.

Terlalu sering cuci muka

Cucilah wajahmu 2 kali sehari, baik di pagi, sore dan malam hari setelah beraktivitas. Mencuci wajah hanya sekali  sehari,seperti di malam hari saja akan menimbulkan penumpukan sel kulit mati di wajah, sehingga wajah jadi mudah berjerawat dan kusam.
Jangan salah, pada saat kamu tidur di malam hari, sel-sel kulitmu telah aktif membelah diri untuk melakukan regenerasi atau peremajaan. Jadi pada saat kamu bangun, sudah ada beberapa tumpukan sel kulit mati, dan kamu harus mencuci bersih wajahmu.
Sedangkan mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari, bisa membuat wajahmu jadi kering dan dehidrasi. Atau yang terjadi bisa malah sebaliknya, wajahmu jadi semakin berminyak.

3. Langsung mencuci wajah tanpa membersihkan make up. Kebiasaan ini menyebabkan pori-pori kulit wajahmu tersumbat oleh sisa make up.

Bersihkan make up dengan ceanser dulu

Setelah seharian memakai make up pada wajah, maka kamu harus membersihkannya. Tapi kebanyakan dari kita melupakan tahapan membersihkan riasan dengan pembersih make up, dan memilih langsung untuk mencucinya dengan sabun pencuci wajah.
Memang wajah akan terlihat bersih, tapi hanya sebagian dari permukaan kulit saja. Pori-pori kulit wajahmu masih penuh dan tersumbat oleh sisa make up.Tujuan dari membersihkan wajah yang paling utama adalah untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam  pori-pori.
Ada baiknya sebelum membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka, lakukan tahap pembersihan make up dengan make up removal terlebih dahulu agar make up yang menempel benar-benar hilang dari pori-pori. Setelah itu cuci dengan sabun muka.

4. Mencuci wajah dengan air terlalu panas bahkan terlalu dingin tidak akan efektif membuat wajahmu jadi bersih.

Air yang terlalu panas

Jadi harus mencuci dengan air apa, dong? Ya, temperatur air yang  disarankan untuk mencuci wajah yaitu air hangat.
Air hangat akan membuat kulit dan otot wajah jadi lebih rileks, pori-pori kulit akan terbuka, sehingga sabun pencuci wajah jadi lebih efektif bekerja membersihkan wajah.
Mencuci wajah dengan air yang terlalu panas berisiko membuat pembuluh kapiler pecah, selain itu akan membuat kulit jadi iritasi dan menjadi kering. Sedangkan air yang terlalu dingin akan membuat pori-pori kulit jadi menciut sehingga kotoran dalam pori-pori terperangkap dan tidak bisa dibersihkan oleh sabun pencuci muka.

5. Gerakan asal-asalan hanya akan membersihan wajah, tapi tidak memberikan manfaat lainnya pada wajah.

Mencuci wajah dengan gerakan memutar

Tak banyak yang tahu bila mencuci wajah  juga bisa memberikan manfaat pada kesehatan kulit wajah. Bila kita melakukannya dengan maksimal dan cara yang benar. Ritual cuci wajah tak hanya membersihkan, tapi juga bisa sekaligus merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah.
Cucilah wajahmu dengan gerakan memutar. Awali dari tengah wajahmu, lalu ke atas, samping dan bawah. Mencuci wajah dengan cara seperti ini bermanfaat bagi wajahmu.
Tak hanya memberikan efek menenangkan, tapi juga bisa menstimulasi pengeluaran getah bening yang bisa membawa kotoran-kotoran keluar dari wajah dan juga dapat mengurangi timbulnya mata berkantung.

6. Mengeringkan wajah dengan handuk khusus, mengurangi resiko penyakit kulit akibat bakteri sehingga wajah menjadi lebih halus.

landscMenggunakan handuk yang kotor

Sediakanlah handuk khusus untuk wajah dan handuk khusus untuk badanmu – jangan dicampur. Handuk yang diperuntukkan bagi wajah memiliki tekstur kain yang lebih halus sehingga sangat ramah bagi kulit wajah.
Selain itu dengan membedakan antara handuk wajah dan handuk badan, kamu sudah meminimalisir tersebarnya bakteri dan kuman ke wajahmu.
Dan kesalahan fatal lainnya yang paling sering terjadi adalah menggunakan handuk berulang kali hingga berminggu-minggu. Gantilah handukmu maksimal seminggu sekali. Menggunakan handuk yang sudah berminggu-minggu tidak dicuci bisa menyebarkan bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit kulit.

Sejatinya, membersihkan wajah bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Namun jika kita melakukan dengan cara yang tidak benar, hasilnya malah melukai kulit wajah. Bagaimana Ledis? Apakah kamu masih sering melakukan hal-hal di atas saat mencuci wajahmu? Kalau iya, setelah membaca artikel ini kamu harus mulai mengubah kebiasaan tersebut ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar